Tips Memilih RAM yang Cocok untuk PC dan Laptop

Random Access Memory atau yang lebih sering disebut RAM merupakan tempat penyimpanan sementara pada komputer yang isinya dapat diakses dalam waktu yang tetap, tidak memperdulikan letak data tersebut dalam memori atau acak.

RAM sendiri memiliki fungsi yang sangat penting dalam menunjang kinerja sebuah komputer, khusurnya untuk membantu memproses data yang dilakukan oleh prosesor yang terdapat pada cpu dan laptop. Jadi dengan pemilihan RAM yang tepat dapat meningkatkan atau memaksimalkan kinerja sebuah komputer.

Tidak hanya kapasitas saja yang harus diperhatikan, RAM juga memiliki berbagai varian atau jenis yang berbeda. Jadi jika kita salah memilih jenis RAM untuk PC atau laptop kita, maka bukannya makin baik justru itu malah akan semakin memperburuk keadaan.

Tips Memilih RAM yang Cocok untuk PC dan Laptop

Jika kamu akan membangung atau mengganti RAM untuk Laptop atau PC, sebaiknya perhatikan terlebih dahulu hal-hal berikut ini.

1. Ketahui Tipe RAM dan Motherboard

Sebelum membeli RAM dan menggantinya, terlebih dahulu kita harus mengetahui Tipe RAM lama serta Tipe Motherboard yang digunakan. Karena pemilihan RAM yang sesuai dengan spesifikasi PC atau laptop yang benar akan menentukan kinerja PC atau laptop tersebut.

Contohnya, jika motherboard yang kamu gunakan mendukung dual channel, maka RAM yang harus dipilih yaitu yang memiliki jumlah ganda. Tak hanya itu, kemampuan sebuah motherboardpun berbeda-beda. Jadi kita harus menyesuaikan dengan kemampuan dari motherboard yang digunakan.

Jika motherboard yang digunakan dual channel 8GB dengan clock 1.333 HMz, maka RAM dengan kapasitas 16GB dengan clock 1.866 MHz tidak bisa kamu gunakan, karena akan membuat komputer menjadi tidak stabil.

Perhatikan juga tipe RAM yang digunakan pada motherboard yang digunakan, apakah menggunakan tipe DDR1, DDR2, DDR3 atau DDR4.

Lihat Slot RAM yang Tersedia

Sebelum membeli RAM, hal yang harus diperhatikan selanjutnya yaitu ketersediaan slot RAM itu sendiri. Untuk sebagian besar motherboard PC dan laptop saat ini memiliki 2 atau 4 slot RAM yang disediakan, tergantung spesifikasi dari motherboard tersebut. Jika masih ada slot yang kosong kamu dapat memanfaatkan slot kosong tersebut untuk menambah RAM pada laptop atau PC yang kamu miliki.

Pilihlah RAM dengan slot yang sama, karena jika tidak sama maka kinerja laptop tidak akan stabil bahkan tidak akan bisa digunakan. Contohnya jika pada motherboard terdapat dua slot maka kedua slot RAM tersebut harus menggunakan tipe dan juga kapasitas yang sama.

Ketahui Sistem Oprasi PC atau Laptop yang Digunakan

Khusus bagi kamu yang ingin menambah RAM dari 4GB menjadi 8GB, kamu harus memperhatikan sistem oprasi yang dijalankan pada PC atau laptop tersebut. Pada Windows jenis tertentu seperti Windows 7 Ultimate 32-bit, biasanya hal tersebut akan sia-sia. karena meskipun kapasitasnya ditambah menjadi 8GB RAM yang terdeteksi tetap 4GB.

Gunakan Heat Spreader

Jika kamu sering menggunakan PC atau laptop dalam jangka waktu yang lama, sebaiknya kamu memilih RAM yang telah dilengkapi dengan heat spreader. RAM dengan tambahan Heat Spreader memang dibandrol dengan harga yang lebih mahal dari yang biasa, akan tetapi RAM jenis ini memiliki kinerja yang lebih baik karena lebih tahan dengan panas. Biasanya RAM jenis ini menjadi favorit para gamer untu menunjang komputer gaming mereka.

Hindari RAM Tanpa Kemasan

Jika kamu salahsatu orang yang suka berbelanja online, dan berniat untuk membeli RAM secara online sebaiknya hindari membeli RAM yang tidak dilengkapi dengan kemasannya. Sekarang ini banyak sekali para seller yang menawarkan RAM dengan harga yang sangat murah namun tidak dilengkapi dengan kemasan.

Bukannya menambah kinerja dari PC atau laptop kamu, salah-salah RAM tersebut justru akan merusak dan berakibat fatal karena RAM tersebut tidak layak pakai.

Merk dan Garansi RAM

Ada banyak sekali merk yang beredar di pasaran saat ini, semakin berkembangnya teknologi membuat para produsen elektronik berlomba-lomba menciptakan produk yang murah agar laku di pasaran. Namun hal tersebut tidak dibarengi dengan kualitas yang baik.

Sebelum membeli RAM sebaiknya kamu memilih RAM dari merk yang sudah terpercaya dan tidak diragukan kualitasnya. Biasanya vendor yang bagus mereka memiliki reputasi yang baik dikalangan masyarakat atau konsumen. Karena jika terjadi kerusakan mereka akan memberikan pelayanan atau menanganinya dengan sangat baik, seperti memperbaiki atau menggantinya dengan yang baru.

Beberapa merek seperti Infineon, Samsung, Corsair atau Visipro dapat kamu pilih karena kualitasnya telah terbukti bagus. Bahkan Samsung sudah diakui dan sudah digunakan di banyak produk.

5terbaru.com - Informasi dan Berita Terbaru Mengenai Dunia Teknologi di Tahun 2018